Mampu Menjaga Clean Sheet

Saat Bob Bradley membawa tim nasional Amerika Serikat mengalahkan Spanyol yang menerapkan strategi tiki – taka, pelatih berkelapa plontos ini menggunakan formasi empat empat dua yang sempit dan dalam untuk memaksa penguasaan berita bola yang dilakukan oleh Spanyol untuk melebar dalam segi area dan juga menarik maju garis pertahanan tim matador untuk membuat ruang gerak demi serangan balik dan strategi yang diterapkan oleh Bob Bradley ini terbukti efektif karena Amerika Serikat mampu menggetarkan jala gawang matador melalui Jozy Altidore dan Clint Dempsey, serta membawa negara paman sam memenangkan pertandingan dengan skor akhir dua kosong dan menghentikan tendangan pinalti.

Selanjutnya pada pertandingan berita bola dunia pembukaan dipergelaran sepakbola terakbar dijagad raya yakni piala dunia edisi tahun dua ribu sepuluh, tim nasional Spanyol menderita kekalahan tipis dari Swiss. Setelah pertandingan tersebut selesai, pelatih tim nasional Swiss penuh pengalaman dan trofi dilevel klub yang bernama Ottmar Hitzfeld mengakui bahwa dirinya menggunakan taktik dan stratefi yang mengambil elemen dari strategi yang digunakan oleh Bob Bradley dari Amerika Serikat ketika mereka mengalahkan Spanyol pada piala konfederasi sebelumnya dengan skor dua gol tanpa balas dan pemain timnas indonesia tak mau lepaskan perunggu dari genggaman.

Barcelona yang kala itu masih dilatih oleh Josep Pep Guardiola berhadapan melawan lima puluh dua buah tim berita bola indonesia yansg berbeda secara total, dan mampu mengalahkan semuanya kecuali satu wakil dari Inggris, Chelsea. Pada babak semifinal liga champions tahun dua ribu sembilan silam, Chelsea yang kala itu masih dilatih oleh seorang meneer dari Belanda bernama Guus Hiddink menggunakan barisan pertahanan yang solid, utuh, dan memiliki komunikasi yang baik antara satu pemain dengan pemain lainnya dalam mengolah si kulit bundar di atas lapangan hijau.

Strategi yang diterapkan oleh Guus Hiddink ini mampu memaksa Barcelona dibawah kepelatihan Josep Pep Guardiola untuk melepaskan tendangan – tendangan dari luar kotak pinalti sekaligus juga memiliki pemain bertahan Jose Bosingwa yang dibantu oleh bek tengah John Terry dan juga gelandang bertahan Michael Essien untuk membayangi seorang Lionel Messi sekaligus membatasi pergerakan pemain andalan Barcelona yang pada masa kecilnya pernah mengalami kelainan hormon pertumbuhan tersebut. Lionel Messi memang dikenal sangat lihai dalam mencari kesempatan menggelontorkan gol kegawang lawan.

Taktik Chelsea tersebut terbukti efektif karena pada leg pertama semifinal liga champions tahun dua ribu sembilan tersebut, Barcelona dipaksa bermain dengan skor akhir imbang nol sama dikandang mereka sendiri, Camp Nou. Hasil imbang ini memastikan Chelsea menjadi tim tandang pertama pada musim tersebut yang mampu menjaga clean sheet atau tidak kebobolan dalam satu pertandingan dimarkas Barcelona, Camp Nou. Catatan ini membuktikan betapa garangnya tim polesan Josep Pep Guardiola tersebut jika berlaga di Camp Nou karena mereka diisi oleh segudang pesepakbola terbaik didunia.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.