Merusak Hidup Pemain Itu

Mereka dilengkapi dengan alat – alat medis yang cukup mumpuni dan mobile alias mudah dibawa – bawa kemana saja saat diperlukan. Pertama ada boks yang berisikan peralatan kesehatan seperti perban, plester, minuman kesehatan, dan juga yang lainnya seperti infus bagi para pembaca berita bola dunia. Perban berguna apabila terjadi benturan antara dua atau lebih orang pemain yang mengakibatkan bocornya kepala salah seorang pemain dimana agar mencegah pendarahan yang berlanjut maka ia harus diperban karena efek sampingnya bisa saja berakibat fatal bagi klub dan dirinya seperti gegar otak.

Waktu dan tenaga merupakan faktor vital dalam sebuah pertandingan sepak bola. Waktu pertandingan pada umumnya berjalan selama dua dikalikan empat puluh lima menit pada normalnya. Namun wasit berhak memutuskan waktu tambahan pada akhir babak kedua yang didapat dari waktu yang hilang saat pemain melakukan selebrasi gol, mengambil tendangan bebas berita bola, maupun hal – hal sederhana lain misalnya proses penggantian pemain ketika ia berjalan dari tengah lapangan menuju pinggir untuk bertukar posisi dengan orang yang telah ditunjuk oleh pelatihnya patrice evra pulang kembali.

Ambulan ini memang jarang digunakan namun harus selalu bersiap Рsiap tatkala ada pemain yang mengalami cedera dan kecelakaan yang parah. Dahulu sebelum diberlakukannya sistem ini, tidak sedikit pemain yang meninggal dilapangan karena satu dan lain hal. Ada yang meninggal karena serangan jantung mendadak, ada juga yang karena tersambar petir, maupun meninggal karena penyakit lain yang sudah mereka derita sebelumnya. Jika dilihat dari luar, memang permasalahan utama para pemain bola adalah cedera  daerah kaki tapi pada kenyataannya bukan cuma itu saja.

Peranan staf medis juga sering kali dikritik oleh seluruh pihak mulai dari penonton, komentator, ahli, ofisial FIFA, maupun klub yang menaungi mereka masing – masing apabila mereka lambat dalam mengambil keputusan saat melihat pemain yang jatuh tersungkur dan tidak bangun – bangun dilapangan. Ada dua kemungkinan disini, pertama bisa saja pemain tersebut mengalami luka yang cukup parah sehingga yang bisa ia lakukan hanyalah menahan rasa sakit sembaru menunggu staf medis yang ada didekat daerah bangku pemain disamping pelatih klopp yakin timnya sudah tahu apa yang harus dikerjakan.

Ada banyak artikel – artikel di internet maupun media cetak seperti koran dan lain sebagainya yang mengatakan bahwa Diego Maradona, sang legenda sepak bola dari Argentina, menggunakan semacam doping pada masa kejayaannya. Hal ini ternyata memang terbukti dan sebagai akibatnya, piala pemain sepanjang masa jatuh ke tangan rivalnya dari Brasil, Pele. Beruntung, saat itu ia tidak mendapat hukuman yang berat dari FIFA. Pemain harus didorong agar mengkonsumsi produk – produk alami dan tidak mengandung zat adiktif karena bisa merusak hidup pemain itu sendiri.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.