Ruang Gerak Yang Kosong

Selain itu, yang sebaliknya juga terjadi jika tim berita bola dunia yang menerapkan strategi tiki – taka ini tidak sedang mendapatkan kontrol si kulit bundar pada mereka melalui penekanan yang amat agresif terhadap tim lawan di atas lapangan hijau, dimana strategi ini digagas oleh Valeriy Lobanovskyi. Josep Pep Guardiola sendiri terkenal dengan kata – katanya yang menyebutkan bahwa sebuah tim akan mendapatkan bola kembali apabila ada jarak tiga puluh meter ke gawang mereka, dan bukan delapan puluh. Hal ini berarti semakin jauh lawan menyerang, semakin mudah juga untuk merebut bola dari mereka klub asal malaysia ikut antri tanda tangan egy maulana.

Raphael Honigstein menggambarkan strategi tiki – taka yang digunakan oleh tim nasional Spanyol pada pergelaran piala dunia tahun dua ribu sepuluh silam sebagai sebuah gaya bermain berita bola indonesia yang radikal dan merupakan sebuah evolusi dari gaya permainan lain sejak empat tahun saja. Terbukti, strategi seperti ini mampu membawa tim nasional Spanyol yang kala itu diasuh oleh Luis Aragonez menjuarai kompetisi akbar sepakbola tertinggi dilevel internasional dan juga membawa nama mereka sebagai salah satu tim yang harus diperhitungkan akibat strategi ini.

Tiki – taka sendiri adalah sebuah strategi dalam sepakbola yang defensif alias mengutamakan pertahanan namun diwaktu yang sama juga ofensif dalam artian selalu menyerang dan kedua sifat ini dikombinasikan dengan sama rata karena tim berita bola yang menerapkan strategi ini selalu memiliki penguasaan bola dan oleh karena itu, mereka tidak perlu mengganti formasi ditengah – tengah pertandingan apabila mau menyerang dari bertahan maupun sebaliknya. Hal seperti ini lah yang menjadikan tiki – taka sangat bagus digunakan ketika tim memiliki pemain sepakbola yang cerdas dan berteknik tinggi menjadi bagian dari tim.

Ketika menganalisa kemenangan tim nasional Spanyol atas Jerman pada piala dunia tahun dua ribu sepuluh silam, Raphael Honigstein menjelaskan gaya permainan matador yang menerapkan strategi tiki – taka sebagai sebuah upgrade atau pembaharuan yang signifikan terhadap formasi total football yang dulu diusung oleh tim nasional Belanda karena tiki – taka ini lebih mengutamakan pergerakan si kulit bundar diatas lapangan dibandingkan para pemainnya yang kerap berganti – ganti posisi. Total football juga memiliki resiko bahwa jika ada satu orang yang diusir keluar lapangan, maka permainan akan menjadi kacau.

Xabi Alonso, punggawa tim nasional Spanyol dan Bayern Munich yang pernah menjadi bagian dari Real Madrid sempat memberikan komentarnya terkait strategi tiki – taka ini dimana ia mengatakan bahwa kita semua di tim nasional Spanyol memiliki ide dan gagasan yang sama satu sama lain. Semua rekan setim menjaga bola, menciptakan pergerakan disekitar maupun diluar, dan pada akhirnya menusuk ke dalam ruang gerak yang kosong untuk menciptakan marabahaya bagi tim lawan. Sepakbola yang mereka terapkan tidaklah terburu – buru dalam penyelesaiannnya namun sedikit demi sedikit menciptakan peluang.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.